Monday, April 2, 2018

CARA MEMBUAT BUMBU NASI GORENG KAMPUNG DAN TEKNIK PENYIMPANAN YANG BENAR

Hallo apa kabar teman-teman semua .terima kasih masih setia membaca artikel di blog ini. Kali ini saya akan berbagi bagaimana membuat bumbum nasi goreng dan tips cara penyimpanannya supaya Bertahan lama.Langsung saja kita mulai..



- Bawang Putih 2 siung
- Bawang Merah   3 siung
- Cabai hijau Besar  2 pcs (buang biji)
- Terasi 1 ruas jari
- Kemiri  2 pcs
- Ebi 5 gram

Setelah semua bahan siap dan sudah di kupas , kemudian tumis sampai semua bahan itu Layu atau / setengah matang. Dan kemudian haluskan mengunakan choper tetapi jangan terlalu halus (Kasar saja) 

.  (Step 1)
          Setelah dihaluskan kasar tumis kembali dengan sedikit minyak hingga matang ,(minyak jangan terlalu banyak karena dari kemiri akan mengeluarkan minyak juga. Biarkan tanpa seasoning atau perasa ../ tidak usah di beri bumbu. Setelah dingin siapkan plastik dan ikat rapat (usahakan jangan terlalu banyak waktu pengepakan kira-kira sekitar 6/7 porsi saja. Setelah semua di packing ,selanjutnya Beri Tanda Label (tanggal pembuatan) dan masukan ke dalam frezzer. 

( Step 2 )
 pembuatan bahan yg dibutuhkan adalah : telur , nasi putih , isian (ayam/ ,udang/,cumi,/ )dan bahan pelengkap yg lain.(kerupuk ,acar)  , siapkan wajan dan sedikit minyak ,setelah panas masukan telur,isian tumis sebentar sampai setengah matang , Masukan bumbu yg di nasi goreng yang di buat di step 1 tadi sesuai selera.,tumis hingga harum, kemudian masukan nasi putih dan aduk sampai merata dan tidak ada nasi  yang menggumpal. Beri perasa /seasoning sesuai selera ( kecap ikan, chicken powder) aduk rata kembali



Step 3
Cara penyajian .,siapkan dinner plate /piring beri garnish sesuai dengan selera ,kemudian cetak nasi goreng tadi dengan menggunakan mangkok kecil kemudian letakan di tengah2 piring  tambahkan kerupuk dan acar sebagai condiment dari nasi goreng tersebut ..dan terakhir taburkan daun seledri cincang dan bawang goreng , Nasi Goreng Kampung siap untuk di Sajikan..semoga Bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment