Friday, August 18, 2017

HOW TO MAKE CHICKEN OIL RECEPI

Hallo..apak kabar teman-semua terima kasih masih setia membaca artikel saya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat "Minyak Ayam" yubs...minyak ini adalah kunci dari sebuah hidangan yang disajikan, karena dengan menggunakan bahan tersebut hidangan akan mempunyai rasa dan flavor/ atoma yang sangat berbeda di bandingkan dengan minyak ada umumnya .sebagai contoh menu mie ayam,

Hasil jadi

Hasilnya sudah pasti akan berbeda dengan mie ayam yang menggunakan minyak sayur ,walaupun bahan mienya sama,nah untuk itu saya akan sedikit share pengalaman bagaimna cara  serta penyimpanan yang benar sehingga mintak tersebut daat dipakai dalam waktu lama.
Pertama-tama kita siapkan 
Bahan per 1 resep .
- 250 ml Minyak goreng  
- 5 siung Bawang putih
- 2 ruas jahe (ukuran ibu jari )
- 5 Batang Bawang
- 100 grm kulit ayam / lemak ayam
Langkah 1 :
Bersihkan semua bahan tersebut kecuali minyak goreng, kemudian potong bahan ukuran 5 -10 cm .selanjutnya panaskan minyak goreng hingga panas tapi jangan terlalu panas ..( akat berakibat minyak ayam menjadi hitam) kemudian masukan jahe dan kulit ayam , goreng dengan api sedang hingga 3/4 kerung,lalu masukan batang daun bawang .goreng sampai semua kering , setelah semuanya di rasa cukup kering, angkat /saring minya ayam sampai 2 sampai 3 kali penyaringan, diamkan di suhu ruang hingga minyak tersebut dingin.
Langkah 2 :
Setelah minyak tersebut dingin.packing dengan plastik anti panas ( sama seperti membuat es batu ) kemudian dinginkan sampai beku di frezzer.simpan dalam posisi berdiri.
Langkah 3:
Untuk pemakaian harian ,bisa ambil beberapa plastik kemudian panaskan di oven hingga berubah menjadi minyak .dan siap digunakan buat memasak.mie ayam biasanya menggunakan hanya 1 sendok makan.
Nah itulah sedikit share cara membat minyak ayam ala saya,tentunya disetiap tempat bisa berbeda2 tetapi basic nya sama . Karna ukuran enak dan bagus setiap chef berbeda -beda.semoga bermanfaat buat teman-teman yang akan berbisnis mie.
Terima kasih. Dan selamat mencoba.
Note : warna minyak ayam yang oke adalah kuning kecoklatan.





No comments:

Post a Comment