Friday, September 13, 2019

TIGA ALASAN MENGAPA KULINER INDONESIA HAMPIR SAMA DENGAN NEGARA TETANGGA KITA DI MALAYSIA

Seperti yang kita telah banyak ketahui banyak kesamaan tentang kuliner khas negara tetangga kita malaysia terhadap negara kita indonesia.dari sekian banyak jenis makanan akan saya berikan beberapa contoh kesamaan fisik bahkan nama tersebut .


1. Nasi Lemak 
Sebutan makanan tersebut sama dengan di negara indonesia yaitu Nasi uduk ,bahkan di daerah jawa tengah sangat familiar dengan sebutan Nasi Gurih.kenapa dibilang sama?? , jawabannya dikarenakan bahan dan bumbu serta metode masaknya 100% sama .mungkin ada beberapa hal yang berbeda dalam penyajian tapi basickly semuanya sama.
2.Nasi Goreng
Sebutan makanan ini sama persis di asing masing negara.soal bumbu dan bahan juga hampir sama akan tetapi di malaysia saya menemukan Nasi goreng yang di mix dengan sayur kangkung dengan nama "Nasi goreng Kampung" jika di indonesia kita sering sebut djgan nasi goreng teri.dengan perbedaan tanpa sayur kangkung.tapi menurut saya ini hanyalah bentuk kreatifitas dalam bidang kuliner.soal penambahan sayur atau bahkan bahan yang jarang kita jumpai.
Dari kedua contoh makanan diatas .mengapa bisa ada kesamaan.? Banyak yang kita ketahui bahwa zaman dulu malaysia banyak membutuhkan tenaga kerja guru dari negara kita.  Mungkin menurut saya itu dikarenakan indonesia menyatakan kemerdekaan negara lebih dulu dibandingkan dengan negara malaysia. Dan kemungkinan besar pernikahan /perkawinan zaman dulu atau sekarang lintas negara terjadi.dimana perempuan indonesia menikah dengan laki2 malaysia/sebaliknya.nah hal ini kemungkinan besar menurut saya tonggak dari kesamaan kuliner dan adat / bahkan alat musik terhadap 2 negara ini.dkarenakan apabila warga indonesia yang menetap disana lama.akan diberikan  semacam pilhan untuk berpindah kewarganegaraan. Atau sebaliknya jika tinggal di indonesia. Akan tetapi walaupun sudah menjadi /pindah kewarganegaraan adat / pengalaman/ pelajaran yang di dapat semasa sebelum pindah kewarganegaraan.akan tetap teringat dan akan menjadi suatu yang akan menjadi perbedaan madsud saya perbedaan adalah menjadi sesuatu yang baru dinegara tersebut sehingga dapat menjadikan peluang dalam berusaha untuk bertahan di negara tersebut. Dan hal ini berjalan secara turun temurun atau bahkan sudah menjadi suatuhal yang menjadi ciri khas di negara tersebut. Jadi menurut saya tidak harus diperdebatkan perbedaan hal2 dalam bidang kuliner itu merupakan bentuk inovasi /kreatifitas creator dalam memanfaatkan peluang di rantau atau bahkan untuk bertahan hidup di negara tersebut.semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment